SEJARAAAAAAAAAAAAAADJH HAJGFAFKJ KF

images11.jpgimages11.jpg

mata kuliah ini menjelaskan tentang perkembangan australia dan oceania dari masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang.

Sejarah sosial adalah kajian sejarah yang memusatkan perhatian kepada masyarakat bawah, atau wong cilik, atau segmen lain dalam masyarakat yang terabaikan, terasingkan, atau termarjinalisasikan, merupakan aktor sejarah yang peran mereka di bahas dalam kajian ini. Berlainan dengan umumnya kajian sejarah (politik) yang memusatkan perhatian kepada tokoh-tokoh besar dalam studinya. Sejarah sosial merupakan kajian kemasyarakatan, maka metode analisisnya memakai pendekatan multidisipliner, yakni pembahasan sejarah dengan dibantu ilmu sosial lain seperti Sosiologi, Antropologi, Ekonomi,Politik, Hukum, Psikologi, dan lainnya. Ditinjau dari beberapa karakteristiknya,
sejarah sosial semakin jelas posisinya di bawah payung aliran filsafah postmodernisme, yang memberikan ruan g unt uk m em pelajari perm as alaha n
y ang
terbatas ,
kecil / m ikro ,
lo kal,
dan
ko ndisio nal .
P o stmo
juga
m em perhatikan
m er eka/ go lo ngan
m asy a rakat
y an g
teras i ngkan,
teralienas ikan, se perti kaum perem puan (kaj i an gen der), per bedaa n warna
k
ulit, kaj ian etn ik, kecenderu nga n seksua l, dl l.

mata kuliah sejarah kebudayaan indonesia adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa perogram studi pendidikan sejarah.

Mata kuliah ini mengkaji tinjauan historis mengenai sejarah pertumbuhan dan perkembangan intelektual atau pemikiran-pemikiran yang berpengaruh di dunia, baik dari segi pemikiran ideologis maupun dari segi ilmu pengetahuan, dengan materi Sejarah Intelektual untuk S-1 program studi Pendidikan Sejarah meliputi : pengertian/definisi sejarah intelektual, ruang lingkup kajian sejarah intelektual, komponen utama penyusun ilmu pengetahuan, jenis-jenis ilmu pengetahuan, perkembangan pemikiran dan ilmu pengetahuan teknologi sejak zaman Yunani dan Romawi Kuno hingga abad pertengahan, perkembangan pemikiran intelektual, ilmu pengetahuan, ideologi serta paham-paham di dunia.

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memahami: (1) pengertian metode dan metode sejarah secara umum, (2) konsep metodologi sejara, (3) jenis-jenis sejarah dan kajian yang berkembang dalam historiografi, (4) perkembangan historiografi umum, (5) historiografi Indonesia tradisional, (6) historiografi pada masa kolonial, (7) Historiografi Indonesia modern, (8) model-model penulisan sejarah di Indonesia, dan (9) pendekatan interdisipliner dalam ilmu sejarah.