Pengembangan bahasa untuk AUD 

Dalam mata kuliah psikologi perkembangan mahasiswa akan mempelajari dan membahas secara bersama-sama dengan dosen pengampu, mengenai hakikat perkembangan, teori-teori perkembangan, tahapan perkembangan dari masa janin sampai remaja dan segala aspek yang dapat mempengaruhi perkembangan.

MK Perencanaan Pembelajaran AUD merupakan salah satu MK kePAUDan yang harus ditempuh oleh mahasiswa semester II. Melalui MK ini mahasiswa diarahkan untuk mampu  merancang, dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan peserta didik. MK ini menghasilkan produk akhir berupa program pembelajaran yang sudah direncanakan, seperti: Promes, RPPM, dan RPPH.


Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, mampu menunjukkan kinerja mandiri, dan memahami teori-teori yang berpengaruh dalam proses perkembangan anak usia dini.

Pada akhir pembelajaran mahasiswa memiliki:pemahaman tentang teori-teori dan tahapan-tahapan perkembangan anak serta mampu menciptakan program dan kegitan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak

Mahasiswa mampu memahami dan menginternalisasi konsep dan teori dalam pembelajaran IPS, khususnya untuk anak usia dini, untuk diaplikasikan secara teoritis dan praktis dalam kehidupan pribadi maupun dalam pembelajaran anak usia dini.


Mahasiswa mengtahui konsep dasar belajar dan pembelajaran dan mampu mengimplementasikannya dalam pendidikan anak usia dini secara profesional serta mampu melakukan supervisi dan evaluasi secara kelompok maupun individual terkait dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan.

Evaluasi pembelajaran anak usia dini adalah materi perkuliahan yang bertujuan untuk melatih dalam melakukan evaluasi dalam lingkup anak usia dini