Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKKK) Manajemen Pemasaran Global merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, penguasaan topik utama yaitu : 1. Konsep, Aliran dan Sejarah Koperasi; 2. Pengertian dan Prinsip Koperasi; 3. Organisasi dan Manajemen; 4. Tujuan dan Fungsi Koperasi; 5. Kinerja Koperasi Indonesia; 6.Sisa Hasil Usaha; 7. Pola Manajemen Koperasi; 8. Jenis dan Bentuk Koperasi ; 9. Permodalan Koperasi ; 10. Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat Dari Sisi Anggota; 11. Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat dari Sisi Perusahaan ;12. Produktivitas dan Analisis Laporan Keuangan Koperasi ; 13.Peranan Koperasi ; 14. Pembangunan Koperasi