Mahasiswa menguasai konsep teoritis dan peraktis evaluasi pembelajaran sosiologi meliputi; 1. Arti evaluasi, penilaian, dan pengukuran. Kedudukan evaluasi dalam pembelajaran. Tujuan adan fungsi evaluasi pembelajaran. Ruang lingkup evaluasi pembelajran. Jenis evaluasi pembelajran. 2. krakter instrumen evaluasi, model-model evaluasi, pendekatan evaluasi. 3 perencanaan evaluasi, pelaksanaan, monitoring, penglola, pelaporan dan pengunaan evaluasi pembelajaran, 4. Pengembangan tes uraian, objektif, lisan, perbuatan. 5. Observasi,wawancara, skala sikap, daftar cek, skala penilaian, angket, studi kasus, catatan insedental, sosiometri. 6  pengertian, tujuan, prinsip, karaktristik, kelebihan dan kekurangan penilaian fortopolio. Jenis tahap-tahap,bahan penilaian fortopolio.7). tehnik pengelolaan hasil tes, skor total, konversi skor,pemberian skor sikap, psikimotor, pengelolaan data hasil tes. 8) validitas, realibilitas,kepraktisan, kuliatas butir soal. 9 mamfaat hasil belajar, refleksi hasil evaluasi, keberhasilan pembelajaran, faktor penyebab kegagalan dan pendukung keberhasilan pembelajaran.