Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah Bahasa Inggris Pariwisata 2, Mata kuliah ini menekankan pada peningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks kepariwisataan khususnya pada sektor pemanduan wisata. Mengingat pemanduan wisata merupakan aspek yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan wisatawan, khususnya wisatawan asing yang membutuhkan pemandu yang menguasai Bahasa Inggris. Melalui mata kuliah ini, bermain peran dalam proses belajar menjadi hal yang sangat utama dalam menjalankan proses perkuliahan. Bahan kajiannya meliputi: The advantages and disadvantages of tourism: Reported speech; Dealing with guests, Articles; hotel services and facilities; ordering food in a Hotel Restaurant; Dealing with Hotel Complaints; Tourism and globalization; Stactical information about travel and tourism; Developments in tourism; Being objective and linking ideas: Tourism in a Changing Climate; The Role of Government in Tourism; Rules and Regulations and Giving Advice: Advertising Rules; Past Tenses: Recent Market Trends and Performance Reports; Making a Cohesive Argument: The Impacts of Tourism.


Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep ekowisata, perencanaan ekowisata, daya dukung ekowisata, bagaimana memanajemen lahan dan manajemen stakeholder pariwisata, peranan masyarakat lokal, kondisi ekowisata di Indonesia, mengkaji peraturan-peraturan mengenai kepariwisataan serta bagaimana mewujudkan konsep keberlanjutan dalam industri pariwisata. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memberdayakan daerah lokasi ekowisata dengan memaksimalkan elemen budaya dan masyarakat. Bahan kajiannya meliputi: Pengantar Ekowisata; Perencanaan Ekowisata; Peran Masyarakat Lokal; Konsep Keberlanjutan Dalam Pariwisata; Daya Dukung Ekowisata; Pengaruh Penelitian Ekowisata; Manajemen Stakeholder Sektor Pariwisata; Manajemen Lahan Dan Ekosistem (Studi Kasus); Perubahan Paradigma Kepariwisataan Di Indonesia; Fakta Ekowisata Di Indonesia; Pembangunan Destinasi Ekowisata Di Indonesia; Pengaruh Penelitian Ekowisata; Peraturan Perundang-Undangan Ekowisata.


Mata kuliah ini menjelaskan tentang dasar-dasar pemahaman mengenai etika kaitannya pada profesi kepariwisataan. Pokok-pokok perkuliahan juga mengkaji teori-teori mengenai profesi-profesi kepariwisataan, kondisi kerja sektor pariwisata dari telaah dan studi kasus. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu: menjelaskan peran dan pentingnya etika pada profesi kepariwisataan, penerapan dalam profesi-profesi kepariwisataa, serta memahami kondisi kerja sektor pariwisata melalui telaah pustaka dan studi kasus. Bahan kajiannya meliputi: Pengertian dan Peranan Etika Profesi; Perkembangan Etika Profesi; Kebaikan, Kebajikan, dan Kebahagiaan; Profesionalisme Kerja; Peran IQ, EQ, CQ dan AQ dalam Perkembangan Profesi; Objektifitas dalam Menilai Kemampuan Manajerial; Pengendalian dan Penggunaan Dorongan Eksekutif; Pengembangan Keterampilan Bernegosiasi; Penyelesaian Masalah (Problem Solving); Kondisi Kerja Sektor Pariwisata; Pengembangan SDM Pariwisata; Sudi Kasus: Tren dan Kebutuhan Profesi Sektor Pariwisata; Studi Kasus: Prediksi dan Pengembangan Keterampilan Profesi Pariwisata.


Mata kuliah ini adalah materfi lanjutan dari hospitality dasar. Materi-materi yang disajikan dalam mata kuliah hospitality lanjutan ini lebih bersifat teoritis dan aplikatif.  Komponen pemahaman yang diharapkan dalam mata kuliah ini adalah pemahaman yang komperhensip dari mahasiswa tentang bisnis pariwsata dibidang hospitalityu, tantangan dan peluang bisnis, pemeliharaan kepercayaan konsumen, serta mampu merencanakan usaha hospitality. Tujuan perkuliahan ini adalah 1) Mahasiswa memahami jenis dan klasifikasi hotel, 2) Memahami aspek-aspek penting yang perlu dimiliki seortang manager hotel, 3) Memahami dan mengaplkasikan pelayanan prima bagi pelanggan, 4) Mampu merencanakan pengembangan bisnis hospitality. Bahan kajiannya meliputi: Klasifikasi Hotel; Peran Manager Dalam Bisnis Hospitality; Perkembangan Bisnis Hospitality; Pelayanan Prima; Penugasan Individu (Melakukan Observasi Mandiri Terkait Bisnis Hospitality); Costomer Trust Preservation; Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Tamu; Menangani Keluhan Tamu; Bisnis Restaurant; Planning In Hospitality Management; Staffing: Management Sumber Daya Manusia; Mengelola Keuangan; Marketing Planning.


Mata kuliah ini merupakan terjemahan dari konsep-konsep pariwisata yang telah didapatkan mahasiswa sebelumnya melalui aplikasinya yang lebih dominan. Secara lebih spesifik, mata kuliah ini mendesklripsikan tentang langkah-langkah strategis dalam pengelolaan dan pengembangan desa wisata. Komponen inti yang yang hendak menjkadi output dalam mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat memahami dan mampu mengaplikasikan konsep-konsep pariwisata. Tujuan perkuiahan ini adalah 1) Mahasiswa memahami dan mengerti konsep-konsep desa wisata, 2) Mahasiswa mampu menganalisis potensi-potensi pariwisata yang ada di sekitar mereka, 3) Mahasiswa mampu merencanakan pengembangan Desa wisata. Bahan kajiannya meliputi: Konsep manajemen pengembangan wisata; Konsep Desa Wisata; Kapasitas Kelembagaan Dalam Pengembangan Desa Wisata; Peran Stakeholders Dalam Pengembangan Desa Wisata;

Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep-konsep inti dari pariwisata bahari serta real case study dari aktivitas pengembangan pariwisata bahari. Pokok tujuan yang hendak dicapai adalah mahasiswa mampu memhami realitas pariwisata bahari sebagai salah satu trend dan aspek pariwisata. Sehingga dengan demikian pola-pola pengembangan yang konservatif dapat di kembangkan. Pokok tujuan yang hendak dicapai adalah mahasiswa mampu memhami realitas pariwisata bahari sebagai salah satu trend dan aspek pariwisata. Sehingga dengan demikian pola-pola pengembangan yang konservatif dapat di kembangkan. Bahan kajiannya meliputi: Mendefinisikan marine tourism; Marine tourist; Diving/snorkeling; Fishing + Case study; Sailing; Penugasan (lombok marine tourism case study); Presentasi kelmpok; Marine Sport tourism; Isu-isu terkini seputar marine tourism; Staeholders marine tourism; Peran Masyarakat pesisir dalam marine tourism; Inovasi dalam marine tourism; Resitasi materi.

Matakuliah ini membahas tentang Kapita selekta pramuwisata (pengertian/deskripsi, ketentuan umum, tugas dan ruang lingkup, syarat-syarat menjadi pramuwisata, tata cara permohonan lisensi pramuwisata, hak ; kewajiban dan larangan pramuwisata), pengetahuan umum : sejarah dan kebudayaan, seni dan kerajinan, flora dan fauna, masyarakat dan lingkungan, paket wisata, kepabeanan (imigrasi, bea cukai dan karantina), dokumen perjalanan wisata, organisasi pariwisata, praktek atau keterampilan profesi : guiding techniquetable manner, P3K dan SAR, sistem pengamanan wisatawan, teknik penulisan dan teknik presentasi. Tujuan mata kuliah ini adalah 1) Memahami Konsep Dasar Kepemanduan, 2) Mengaplikasikan Keterampilan Profesi Dibidang Pramuwisata Atau Pemandu Wisata Dan Memahami Mekanisme Perizinan Atau Prasyarat Untuk Mendapat Lisensi Atau Sertifikat Pramuwisata. Bahan kajiannya meliputi: Pengertian Dasar  Atau  Konsep Pramuwisata (Pemandu Wisata); Profesionalisme Profesi Pramuwisata; Standar Oprasional Prosedur Pramuwisata; Menguraikan Ketentuan Umum Dalam Bidang; Pemanduan Wisata; Lingkup Tugas Pramuwisata; Profesionalisme Profesi Pramuwisata; Menanamkan Sikap Pribadi Tentang Keprofesionalismean Seorang Pramuwisata; Tata Cara Mendapatkan Sertifikat Atau Lisensi Pramuwisata; Kelebihan-Kelebihan Pramuwisata Yang Memiliki Sertifikat Atau Lisensi; Hak-Hak Dan Kewajiban Pramuwisata; Mengimplementasikan Pengetahuan Penunjang Aktivitas Pemanduan Wisata; Run Down Paket Wisata.


Mata kuliah ini mendeskripsikan teknologi yang berkembang di era 4.0 dengan basis digitalisasi.  Mata kuliah ini secara lebih spesifik berusaha untuk memahami fenomena terkini dunia pariwisata berbasis digital dengan menentukan basis-basis digital pada perusahaan pendatang (start-up). Bahan kajiannya meliputi:Pengantar start-up; Sejarah perkembangan start-up; Faktor keberhasilan start-up; Komunitas start-up; Case study start-up Indonesia; Karakteristik pebisnis strat-up; Sosial media dan pemberitaan; Mengenali peluang dan menciptakan ide bisnis (penugasan); Presentasi kelompok; Planning marketing strategi; E-marketing; Penggunaan search engine marketing; Monetisasi dan incubation process.

Mata kuliah ini mendiskusikan persoalan khusus pariwisata yang dikaji berdasarkan perspektif sosiologi dan antropologi. Secara lebih spesifik, mata kuliah ini berusaha untuk menjadikan teori-teori sosiologi-anatropologi untuk menganalisis fenomena-fenomena pariwisata  yang berkaitan dengan, interaksi sosial pariwisata, konflik sosial pariwisata, dan memahami aspek-aspek sosiologis wisatawan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menganalisis aspek sosial pada keberagaman suku bangsa di Indonsia dan dunia. Bahan kajiannya meliputi: Konsep dasar sosiologi antropologi; Perkembangan sosiologi antropologi; Pendekatan sosiologi dan antropologi pariwisata; Teori-teori sosiologi dalam pariwisata; Teori-teori sosiologi dalam pariwisata (lanjutan); Modal sosial dalam pariwisata; Interaksi wisatawan dan penduduk lokal (penugasan terstruktur); Presentasi kelompok; Pariwisata dan human space mobilization; Pariwisata dan resistensi sosial; Aspek sosiologis wisatawan; Partisipasi masyarakat lokal dalam pariwisata; Dampak pengembangan pariwisata bagi lokal indegeous.


Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep destinasi pariwisata pada suatu ruang dan wilayah. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai konsep wilayah administratif dan wilayah fungsional guna untuk pengembangan dan pengelolaan destinasi wisata. Bakan kajian mata kuliah ini meliputi: Konsep dasar studi destinasi, Konsep Ruang dan Wilayah, Wilayah Fungsional gugusan pulau, Kebijakan dan Strategi Destinasi Pariwisata, Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Wisata, Pemasaran Destinasi Pariwisata, Pengelolaan Destinasi Pariwisata, Sistem Informasi Destinasi Pariwisata, Pengelolaan SDM Pariwisata, Kelayakan Destinasi Pariwisata, Penelitian Pengembangan Destinasi Pariwisata, Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Destinasi Pariwisata, Pemberdayaan Masyarakat pada Destinasi Pariwisata.