Mata kuliah ini diarahkan pada pengembangan kemampuan mahasiswa untuk mengungkapkan ide secara baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan. Oleh karena itu, mata kuliah ini akan membahas bahasa Indonesia yang berkaitan dengan EYD, Diksi (Pilihan Kata), Ringkasan, Sinopsis, dan Resensi, penyusunan kalimat efektif, pengembangan paragraf, serta perencanaan dalam penulisan ilmiah sehingga mahasiswa dapat merencanakan dan menulis skripsi (tugas akhir) dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah tata bahasa baku bahasa Indonesia. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mewujudkan rasa kebangsaan dan cintatanah air sepanjang hayat dalam menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dimilikinya dengan penuh rasa tanggung jawab. bahan kajiannya antara lain: Fungsi bahasa; Ragam bahasa; EYD (ejaan yang disahkan); Penggunaan tanda titik; Kalimat efektif; Paragraph; Teks deskripsi; Tes naratif; Tes kritis; Tes persuasif.

Mata kuliah ini membicarakan berbagai jenis kata dalam Bahasa Inggris dan Penyusunan menjadi kalimat. Pembuatan paragraf, dan Tulisan yang lebih Luas juga dipelajari sebagai basis untuk mengembangkan academic writing skill. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa menguasai berbagai jenis kata dalam Bahasa Inggris dan Penyusunan menjadi kalimat serta pembuatan paragraph. Bahan kajiannya meliputi: Workings And Careers In Tourism, Question Form; Hello, Can I Help You?; I Am Terribly Sorry!; Getting Around, Modal Verbs; What Kind Of Holiday?; My Favorite Place; Eating Out, Countable And Uncountable Nouns; Quantifiers; Tourism And Environment; Destination, Present Simple And Present Continuous; Services In My Hometown; Hotel Facilities, Have/ Get Something Done

Mata kuliah ini mengkaji tentang kebudayaan yang berkembang di Indonesia melalui pemahaman terhadap konsep-konsep kebudayaan, perkembangan sejarah kebudayaan Indonesia dan bagaimana karakteristik kebudayaan Indonesia. Pemahaman terhadap kebudayaan, warisan dan sejarah Indonesia dapat memperluas wawasan dalam menjaga dan melestarikannya sehingga dapat memberikan nilai tambah melalui pemanfaatannya sebagai daya tarik wisata. Tujuan mata kuliah ini adalah Mahasiswa mampu memahami keberagaman budaya, peninggalan dan sejarah Indonesia. Bahan Kajiannya antara lain: Pengantar Mata Kuliah Budaya, warisan, dan sejarah Indonesia; Hakekat kebudayaan; Wujud-wujud dan unsur kebudayaan; Ruang lingkup dan periodisasi sejarah kebudayaan; Penetrasi Kebudayaan; Pengaruh Hindu-Budha Dalam Kebudayaan Indonesia; Pengaruh Islam Dalam Kebudayaan Indonesia; Pengaruh Barat Dalam Kebudayaan Indonesia; Sumber-sumber: bukti artefaktual; Seni bangunan dan sastra sebagai hasil-hasil kebudayaan; Seni rupa dan seni pertunjukan sebagai hasil-hasil kebudayaan warisan sejarah dan budaya sebagai objek wisata; Museum sebagai wahana interaksi budaya

Mata kuliah ini mengkaji tentang kebudayaan yang berkembang di Indonesia melalui pemahaman terhadap konsep-konsep kebudayaan, perkembangan sejarah kebudayaan Indonesia dan bagaimana karakteristik kebudayaan Indonesia. Pemahaman terhadap kebudayaan, warisan dan sejarah Indonesia dapat memperluas wawasan dalam menjaga dan melestarikannya sehingga dapat memberikan nilai tambah melalui pemanfaatannya sebagai daya tarik wisata. Tujuan mata kuliah ini adalah Mahasiswa mampu memahami keberagaman budaya, peninggalan dan sejarah Indonesia. Bahan Kajiannya antara lain: Pengantar Mata Kuliah Budaya, warisan, dan sejarah Indonesia; Hakekat kebudayaan; Wujud-wujud dan unsur kebudayaan; Ruang lingkup dan periodisasi sejarah kebudayaan; Penetrasi Kebudayaan; Pengaruh Hindu-Budha Dalam Kebudayaan Indonesia; Pengaruh Islam Dalam Kebudayaan Indonesia; Pengaruh Barat Dalam Kebudayaan Indonesia; Sumber-sumber: bukti artefaktual; Seni bangunan dan sastra sebagai hasil-hasil kebudayaan; Seni rupa dan seni pertunjukan sebagai hasil-hasil kebudayaan warisan sejarah dan budaya sebagai objek wisata; Museum sebagai wahana interaksi budaya

Mata kuliah ini mengkaji tentang dasar-dasar pemahaman mengenai filsafat ilmu, dari sejarah perkembangan ilmu, hingga refleksi dalam pengembangan ilmu sebagai strategi insani. Perkuliahan juga mengkaji teori-teori mengenai ilmu dan pengetahuan, sumber-sumber ilmu pengetahuan, kerangka dasar keilmuan hingga kebenaran ilmiah dan mengamalkan sikap ilmiah. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu: menjelaskan sejarah filsafat ilmu, memberikan contoh serta menjelaskan anggapan-anggapan umum mengenai filsafat di masyarakat, menjelaskan ciri-ciri filsafat, menjelaskan definisi filsafat ilmu, serta menjelaskan kegunaan atau manfaat belajar filsafat. Bahan kajian pada mata kuliah ini sebagai berikut: Pengantar Filsafat; Sumber Ilmu Pengetahuan; Filsafat, Ilmu, dan Pengetahuan; Perkembangan Ilmu; Kebenaran dan Sikap Ilmiah; Struktur Pengetahuan Ilmiah; Sarana Ilmiah; Kajian Bidang-bidang Filsafat; Dimensi Ilmu, Teknologi, dan Seni; Paradigma Ilmu; Asumsi-asumsi Dasar Proses Keilmuan Manusia; Kerangka Dasar Teori Keilmuan; Ilmu dalam Strategi Insani

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep, prinsip, pendekatan, fenomena/gejala serta unsur-unsur geografi yang bersifat fisik maupun non fisik sebagai unsur penting pembentuk sebuah destinasi wisata. Pokok bahasan dalam mata kuliag ini meliputi: Paiwisata Sebagai Kebutuhan Manusia, Pengertian Dan Ruang Lingkup Geografi Pariwisata, Konsep-Konsep Geografi Dalam Membahas Kepariwisataan, Ruang Sebagai Sumberdaya Pariwisata, Unsur-Unsur Geografi Pembentuk Obyek Wisata, Pariwisata Perkotaan, Desa Wisata, Pengembangan Pariwisata Pesisir/Laut/Pantai, Ekowisata, Pembangunan Berkelanjutan, Dampak Pembangunan Pariwisata, Ekonomi Dan Industri Kreatif.


Mata Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami sejarah dan perkembangan Islam di Indonesia dan di Lombok, memahami kedudukan Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan dalam lingkaran sejarah Pondok Pesantren di Nusantara, meneladani Biografi Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, memahami organisasi Nahdlatul Wathan, memahami ke-Aswaja-an Nahdlatul Wathan, menggali nilai-nilai perjuangan dan ciri khas Nahdlatul Wathan, menganalisis Nahdlatul Wathan dalam berbagai perspektif.Tujuan mata kuliah ini adalah 1) Mahasiswa mampu memahami sejarah dan perkembangan Nahdlatul Wathan di Lombok; 2) Mahasiswa mampu memahami organisasi Nahdlatul Wathan; 3) Mahasiswa mampu memahami sejarah hidup dan perjuangan TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dalam konteks keislaman, kebangsaan dan keindonesiaan. Bahan kajiannya antara lain: Sejarah islam  di Lombok; Pendidikan maulanasyeh; Biografi maulana syeh; Pujian-pujian kepada maulana syeh;Sholawat nahdlatain dan sholawat lainnya karya maulana syeh; Perjuangan maulana syeh; Keorganisasian NW; Ahli sunnah wal jama’ah; Tasawuf NW.


Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu materi dari kelompok Mata Kuliah Pengembangan. Kepribadian yang menjelaskan tentang; Konsep Ketuhanan dalam Islam, Keimanan dan Ketakwaan, Hakikat Manusia menurut Islam, Hukum, HAM, dan Demokrasi dalam Islam, Hukum Islam dan Konstribusi Umat Islam Indonesia, Etika, Moral dan Akhlak, IPTEK dan Seni dalam Islam, Kerukunan antar Umat Beragama, Masyarakat Madani dan Kesejahteraan Umat, Ekonomi Islam, Kebudayaan Islam dan Sistem Politik Islam. Tujuan mata kuliah ini antara lain: 1) Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai dasar keagamaan dan kebudayaan menurut ajaran Islam;2) Mahasiswa memiliki iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, jujur, dan memiliki etos kerja, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan. Bahan kajiannya:  Pendidikan agama di perguruan tinggi;Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan (keimanan dan ketaqwaan, filsafat ketuhanan); Bagaimana agama menjamin kebahagiaan; Manusia (hakikat manusia, martabat manusia, dan tanggungjawab manusia); Hukum (Menumbuhkan kesadaran untuk taat hukum agama, fungsi profetik agama dalam hukum); Paradigm qurani; Membumikan islam di Indonesia; Islam dan persatuan dan kesatuan dalam keberagaman; Tantangan modernisasi bagi agama islam; Kontribusi islam terhadap peradaban dunia; Peran dan fungsi masjid kampus; Pandangan islam tentang zakat dan pajak.

Mata kuliah Pengantar Ilmu Pariwisata Halal mendeskripsikan tentang Potensi pengembangan wisata halal dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjabarkan aspek pendukung wisata halal seperti ketersediaan penginapan dan restoran halal. Tujuan mata kuliah ini adalah 1) mahasiswa menganalisis potensi pengembangan   wisata halal, 2) Mahasiswa mampu melakukan pendataan ketersediaan penginapan dan restoran halal. Bahan kajiannya meliputi: Pariwisata Halal Religi; Aturan-Aturan Pariwisata Halal; Analisis Pariwisata Halal; Potensi Wisata Halal Dalam Meningkatkan Potensi Ekonomi; Potensi Wisata Halal Dalam; Potensi Pengembangan Wisata Halal Dalam Perspektif Ketersediaan Restoran Halal; Pengumpulan Data Penginapan Dan Restoran Halal.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang wajib diajarkan di setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan.Hal ini sesuai dengan amanat UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional (pasal 39 ayat 2).Pada tahun 2003, UU tersebut disempurnakan menjadi UU No. 20 tahun 2003 (pasal 37 ayat 2). Selain UU ini, upaya untuk mendukung keberlangsungan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diperkuat dengan munculnya PP No. 60 tahun 1999 dan diperbaharui lagi menjadi PP No. 19 tahun 2005. Pada tahun 2006, sesuai dengan keputusan dirjen DIKTI Depdiknas RI No. 43/DIKTI/Kep/2006, dijelaskan pokok-pokok materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan antara lain meliputi:Hakikat PKN; Esensi Dan Urgensi Identitas Nasional Sebagai Salah Satu Determinan Pembangunan Bangsa Dan Karakter; Urgensi Integrasi Nasional Sebagai Salah Satu Parameter Persatuan Dan Kesatuan Bangsa; Nilai Dan Norma Konstitusional UUD 1945 Dan Konstitusionalitas Perundang-Undangan Di Bawah UUD; Bagaimana Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan; Urgensi Dan Tantangan Nasional Dan Bela Negara Bagi Negara Indonesia Dalam Membangun Kolektif Bangsa Indonesia; Menyelenggarakan Project Cityzen.


Mata kuliah ini menjelaskan tentang hakekat psikologi dan penerapannya dalam pariwisata. Secara lebih spesifik, aspek-aspek psikologis baik masyarakat area destinasi maupun wisatawan dijabarkan berdasarkan konsep dan teori-teori psikologi. Mata kuliah ini menekankan pada pentingnya pemahaman mahasiswa dalam bidang pengenalan diri serta proses-proses berfikir baik dari sisi wisatawan maupun masyarakat pengelola destinasi. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami karakteristik psikologi manusia sebagai subjek dan objek pariwisata. Bahan kajiannya meliputi: Konsep dasar psikologi pariwisata; Berfikir dan berinteraksi; Kesadaran diri; Perjumpaan sosial; komunikasiPersepsi; George Herbert Mead; pemikiran dan aplikasinya dalam pariwisata; Erving Goffman: Panggung Sandiwara Pariwisata; Motivasi wisatawan; Etika guiding; Intelektual quotient (IQ); Emotional quotient (EQ); Spiritual Quotient (SQ).